Wednesday, December 12, 2018
Home > Others > Mengenal Kegunaan HT (Handy Talky) dan Cara Merawatnya

Mengenal Kegunaan HT (Handy Talky) dan Cara Merawatnya

Mengenal Kegunaan HT (Handy Talky) dan Cara Merawatnya

Handy Talky, kita sering menyebutnya atau menyingkatnya dengan kata HT. HT Motorola Indonesia merupakan salah satu produsen dan merk HT yang berkualitas dan sudah cukup terkenal lama. HT atau radio HT sendiri merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang frekuensi untuk terhubung ke HT satu dengan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas kegunaan HT dan bagaimana cara merawatnya yang benar. Berikut ulasannya.

Kegunaan Radio HT

Jika kalian pergi ke suatu acara seperti acara event, acara musik, ataupun acara lainnya, pasti Anda melihat panitia yang bertanggung jawab dalam acara tersebut membawa sebuah alat komunikas seperti telepon genggam yang berantena namun berukuran cukup besar dan itulah yang dinamakan dengan HT.

Secara kegunaan radio HT memiliki fungsi sebagai alat komunikasi yang dapat dihubungkan satu sama lain yang dapat digunakan tanpa memerlukan pulsa saat menggunakannya, sehingga lebih hemat anggaran.

Namun terkadang banyak orang yang menyebut HT itu sebagai walky talky, pada hal kedua alat komunikasi tersebut memiliki perbedaan, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya.

Perbedaan HT (Handy Talky dan Walky Talky

  • Jangkauan gelombang frekuensi HT lebih luas dan lebar, sedangkan walky talky tidak seluas HT.
  • Jangkauan penggunaan HT bisa sampai 2 mil hingga 12 mil, sedangkan walky talky hanya dapat digunakan pada jarak 0,5 kilometer hingga 2,5 kilometer.
  • Menggunakan HT membutuhkan izin, sedangkan walky talky tidak perlu.

 

Cara merawat Handy Talky atau HT

Merawat setiap barang yang kita miliki memanglah sangat penting, tetapi tidak semua barang dapat dirawat atau diperlakukan sama. Seperti halnya dalam merawat radio HT semua merk atau semua jenis seperti HT Motorola Indonesia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat penggunaan dan penyimpannanya diantaranya :

  1. Simpan di Tempat Kering denga Suhu Ruangan

Simpanlah radio HT ditempat yang kering dan tidak lembab, karena lembab sangat berisiko menyebabkan jamur. Anda bisa menyimpannya di dry box atau kotak khusus yang ditambahkan dengan silica gel yang berfungsi untuk menyerap kelembapan.

  1. Lakukan Perawatan Berkala

Jika HT tidak digunakan dalam waktu lama, lebih baik lepas semua aksesoris secara terpisah. Lakukan pengecekan setiap dua minggu sekali dengan mengaktifkan radio HT karena jika dibiarkan tidak aktif berlama-lama bisa membuat kondisi radio HT kurang maksimal. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi baterai, antenna dan unit atau aksesoris pendukung HT lainnya.

  1. Hindari Air

Pada saat penggunaan alat komunikasi ini, usahakan untuk mengindari percikan air atau terkena siraman air seperti tertumpah minuman atau terkena hujan. Sebab air merupakan penghantar listrik yang baik sehingga dapat membuat radio HT menjadi korsleting.

Like and Share ya 🙂

shares