Saturday, November 17, 2018
Home > Lifestyle > Ingin Menyembelih Hewan Qurban? Ini Syarat yang Harus Anda Lakukan

Ingin Menyembelih Hewan Qurban? Ini Syarat yang Harus Anda Lakukan

Ingin Menyembelih Hewan Qurban Ini Syarat yang Harus Anda Lakukan.jpg

Islam mengajarkan umatnya untuk berqurban setiap tahun pada hari raya Idul Adha. Kegiatan ini berasal dari zaman Nabi Ibrahim saat menyembelih Nabi Ismail. Saat ini menyembelih sapi qurban sebagai peringatan untuk orang yang tidak berpergian haji. Perayaan ini juga sebagai  untuk umat muslim yang mampu untuk berbagi ke sesama. Berikut syarat yang harus dipenuhi.

  1. Persyaratan Prasarana

Hewan yang akan diqurbankan harus memiliki sarana yang mendukung baik saat menyimpan maupun saat proses penyembelihan. Tujuannya agar hasil daging qurban terbebas dari penyakit dan aman dikonsumsi oleh orang yang mengolah dagingnya. Menurut ajaran Islam Anda tidak boleh membagikan makanan yang tidak memiliki manfaat untuk orang lain.

Syarat pertama Anda harus memiliki kandang penampungan sementara yang bersih, lingkungan harus asri, tidak basah dan usahakan kandang mampu melindungi hewan qurban Anda dari cuaca panas matahari dan hujan. Kandang seperti ini bertujuan menjaga kesehatan hewan Anda dan mencegah agar tidak stress saat berpindah tempat dari wilayah asal ke tempat penampungan.

Selanjutnya tempat penyembelihan harus kering dan jauh dari fasilitas umum. Saat proses penyembelihan akan banyak kegiatan yang dilakukan seperti menyembelih, memotong daging dan membersihkan lingkungan. Usahakan lokasinya jauh dari sarana umum agar tidak mengganggu lingkungan sekitar dan bebas dari genangan air sebagai sumber penyakit.

Syarat ketiga lubang penampungan untuk darah hewan yang disembelih tidak boleh dibuang sembarangan. Standar aturan dari Dinas Peternakan ukuran lubang penampung darah berukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m untuk setiap 10 ekor kambing dan 0,5 x 0,5 x 1 m ukuran lubang setiap 10 ekor sapi yang digunakan untuk berqurban. Ukuran ini untuk menampung jumlah darah setiap hewan.

Ingin Menyembelih Hewan Qurban Ini Syarat yang Harus Anda Lakukan.jpg

Hal selanjutnya Anda harus menyediakan sumber air bersih yang cukup. Kegiatan penyembelihan akan meninggalkan bekas darah dan bau menyengat. Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan banyak air bersih untuk mencuci peralatan dan membersihkan jeroan selama proses menyembelih hewan berlangsung.

Terakhir sediakan tempat khusus untuk menangani daging. Tempatkan secara terpisah antara penanganan jeroan hewan dengan daging hewan. Tujuannya agar daging terjaga kebersihannya dan menghindari terkena penyakit dari jeroan hewan.

  1. Persyaratan Petugas Penyembelih

Anda harus memilih orang yang sudah ahli menyembelih hewan qurban. Syarat yang harus dipenuhi yaitu laki-laki muslim yang dewasa, lalu orang tersebut harus sehat jasmani dan rohani serta memiliki pengetahuan dan terampil secara teknis dalam menyembelih hewan secara halal dengan baik dan benar.

  1. Persyaratan Peralatan

Alat utama yang digunakan petugas penyembelih adalah pisau atau golok. Alat ini harus tajam sehingga menjamin petugas untuk langsung memotong pembuluh darah, saluran makanan dan tenggorokan hewan qurban. Usahakan selalu menjaga kebersihan alat dan pisau atau golok terbebas dari karat pada besinya.

  1. Persyaratan Hewan Qurban

Hewan qurban yang baik itu dinyatakan sehat oleh lembaga terkait, tidak memiliki cacat seperti pincang atau buta, lalu hewan sudah cukup umur untuk disembelih, tidak dalam keadaan kurus dan diutamakan hewan qurban berjenis kelamin jantan. Hewan qurban betina berpotensi mengandung janin yang akan membunuhnya ketika dijadikan hewan qurban.

Syarat ini harus dipenuhi agar menghasilkan produk sapi qurban yang sehat dan aman dikonsumsi. Berqurban semata-mata untuk mendapat pahala dan ridho Allah SWT. Segera berqurban bagi yang mampu dan berbagi dengan seksama. Selamat berqurban!

Like and Share ya 🙂

shares