Thursday, January 24, 2019
Home > Kesehatan > 5 Tanda Bahwa Si Kecil Harus Segera Minum Obat Cacing Anak

5 Tanda Bahwa Si Kecil Harus Segera Minum Obat Cacing Anak

5 Tanda Bahwa Si Kecil Harus Segera Minum Obat Cacing Anak

Cacingan memang lebih sering diderita oleh anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Meskipun begitu, tak sedikit orang yang mengonsumsi obat cacing untuk upaya pencegahan maupun pengobatan. Di beberapa iklan aturan meminum obat cacing adalah 6 bulan sekali. Nah berikut merupakan beberapa tanda bahwa si kecil harus segera minum obat cacing anak.

  1. Sering Terkontaminasi dengan Tamah atau Pasir

Salah satu cara yang dapat dilakukan cacing untuk mengontaminasi manusia adalah dengan kontak langsung melalui gemburan pasir ataupun tanah. Si kecil yang sering bermain menggunakan pasir atau tanah lebih rentan terkena cacingan. Oleh sebab itu pastikan si kecil jangan terlalu sering bermain pasir atau tanah untuk mengurangi risiko terka cacingan.

  1. Suka Makan Makanan Kurang Higienis

Apabila si kecil sering suka mengonsumsi daging setengah matang, maka sang buah hati lebih rentan terkena cacingan. Tak hanya itu saja, buah dan sayuran yang tidak dicuci dengan bersih juga meningkatkan risiko si kecil terkena masalah cacingan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengupasnya ataupun memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

  1. Tinggal di Area yang Kumuh

Cacingan pada si kecil juga dapat terjadi akibat terbiasa bermain ataupun tinggal di tempat yang kumuh seperti pinggiran kota, bantaran kali, ataupun desa yang minum sanitasi bersih. Infeksi cacingan dapat terjadi ketika melakukan kontak langsung dengan tanah yang sudah terkontaminasi dengan feses orang yang mengalami cacingan.

Hal ini wajar saja terjadi, pasalnya di tempat seperti itu terkadang masih ada sebagian orang yang buang air besar sembarangan. Selain itu, kontaminasi juga mungkin saja dapat terjadi apabila air ataupun tanah yang sudah terkontaminasi tersebut digunakan untuk menanam dan menyiram sayuran. Jadi pastikan Anda dan si kecil tinggal di lingkungan yang bersih ya.

  1. Tinggal di Daerah Endemi Cacingan

Apabila Anda dan sang buah hati tinggal di lingkungan atau daerah endemi cacingan, maka si kecil juga harus rutin mengonsumsi obat cacing anak. Apabila jika tidak rutin meminumnya, maka si kecil dapat terjangkit penyakit schistosomiasis atau yang lebih dikenal dengan istilah demam keong. Penyakit yang satu ini biasanya disebabkan oleh cacing Schistosoma japonicum.

Jadi agar Anda dan si kecil terbebas dari risiko terkena penyakit cacingan. Maka pastikan Anda dan sang buah hati ruting mengonsumsi obat cacing. Selain itu, kebersihan di sekitar tempat tinggal Anda juga harus diperhatikan. Sebab lingkungan yang kotor juga memicu si kecil terkena masalah cacingan

Nah, di atas merupakan beberapa tanda-tanda bahwa si kecil harus segera mengonsumsi obat cacing anak. Ternyata lingkungan yang kumuh dan kotor juga memicu sang buah hati terkena masalah cacingan. Untuk itu pastikan Anda memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda yang disertai dengan gaya hidup sehat.

Like and Share ya 🙂

shares