Wednesday, December 12, 2018
Home > Parenting > 5 Perlengkapan Bayi Khusus Si Kecil yang Suka Renang

5 Perlengkapan Bayi Khusus Si Kecil yang Suka Renang

Perlengkapan Bayi Khusus Si Kecil yang Suka Renang

Aktivitas berenang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung bayi. Tentunya Anda harus menyiapkan perlengkapan bayi khusus untuk kebutuhan berenang nantinya. Bayi boleh berenang di tempat umum ataupun di bak mandi pribadi. Biar aman dan nyaman, inilah perlengkapan yang harus Anda sediakan untuk si kecil.

  1. Baju Ganti

Baik berenang di rumah maupun di tempat umum, harus disediakan baju ganti. Jangan terlalu lama menyiapkan baju ganti begitu bayi sudah keluar dari air. Sebisa mungkin letakkan baju ganti berada di sebelah Anda. Jadi, setelah selesai, Anda bisa segera menghandukinya sekaligus langsung memberi baju ganti. Tujuannya biar tidak terkena masuk angin.

  1. Camilan dan MPASI (Makanan Pengganti ASI)

Ketika bayi melakukan aktivitas renang pasti dia akan banyak kehilangan energi. Untuk berjaga-jaga dari kelelahan, sediakan camilan atau makanan ringan untuknya. Berikan setelah dia selesai berenang. Jadwal berenang paling bagus itu dilakukan jelang waktu makan untuk si kecil. Jadi bisa sekalian dikasih MPASI.

  1. Minyak Telon dan Bedak

Sebelum diberikan baju ganti, baluri dulu dengan minyak telon dan juga bedak. Tujuannya agar badan bayi langsung hangat tanpa merasakan dinginnya udara. Setelah itu baru dipakaikan baju ganti. Pilih juga minyak telon yang aman. Jangan sampai pilih minyak telon yang punya efek hangat sementara.

  1. Pelampung

Pelampung paling bagus itu berbahan dasar dari polistirena. Bahan ini akan membantu anak mengapung dengan posisi lurus ketika berada di air. Anda juga harus tahu bentuk-bentuk pelampung yang cocok untuk bayi. Memangnya ada berapa pilihan? Banyak. Namun yang terkenal antara lain pelampung bundar, pelampung lengan, dan pelampung kursi.

  1. Peralatan Mandi

Berenang itu paling bagus dibarengi dengan mandi sekalian. Biasanya bayi akan menangis ketika diminta untuk mandi. Namun ketika diajak berenang, meskipun disabuni dan disamponi, dia tidak akan peduli. Dia akan fokus pada air dan gerakan saat berenang. Anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus.

Memangnya, berapa kali bayi harus berenang setiap hari? Tergantung mood si kecil saja. Asalkan perlengkapan bayi telah memenuhi syarat, kapan pun Anda mau, si kecil boleh berenang. Namun paling baik itu si kecil tidak boleh terlalu lama berada di air. Nanti badannya kedinginan. Untuk kembali ke suhu semula jadi memakan waktu lama.

Like and Share ya 🙂

shares