Thursday, November 15, 2018
Home > Lifestyle > 5 Pentingnya Rehabilitasi untuk Anak Pemakai Narkoba dalam Berita Nasional

5 Pentingnya Rehabilitasi untuk Anak Pemakai Narkoba dalam Berita Nasional

Rehabilitasi untuk Anak Pemakai Narkoba

Maraknya kabar berita nasional tentang anak pemakai dan pengedar narkoba membuat banyak orang mengelus dada. Pasalnya, anak merupakan tunas negeri yang sangat berharga untuk masa depan. Kalau masa kanak-kanaknya saja sudah terjerat narkoba, bagaimana untuk regenerasi ke depannya? Untuk itulah diadakan rehabilitasi untuk mencapai 5 tujuan ini.

  1. Untuk Menyelamatkan Hidup Anak

Sebagaimana yang kita tahu, narkoba itu sama dengan minuman keras dan lain-lain yang berpotensi merusak tubuh manusia. Terlebih lagi untuk anak-anak yang masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Setiap satu gram narkoba yang masuk, maka saat itu juga akan membunuh banyak jaringan penting dalam tubuh maupun otaknya.

Untuk itulah perlu dilakukan rehabilitasi. Biar anak-anak yang masih dalam usia tumbuh-kembang bisa bergerak kembali. Mengingat narkoba memiliki semacam zat adiktif tingkat tinggi yang sangat berbahaya. Kalau tidak, ketergantungan yang dialami oleh anak-anak tersebut akan terus berulang hingga akhirnya merenggut nyawanya.

  1. Demi Kesehatan yang Lebih Baik

Di dalam agenda rehabilitasi, anak-anak akan diajarkan pola hidup sehat. Mulai dari hidup dengan bersih, berolahraga, hidup tertib mematuhi aturan, mengonsumsi makanan sehat, dan lain-lain. Soalnya bisa jadi ketika semasa masih mengonsumsi narkoba itu dipicu oleh kurangnya kesadaran orang tuanya terhadap pengawasan dini untuk anak-anaknya.

Di dalam agenda rehabilitasi, juga ada laboratorium khusus serta rumah sakit untuk anak-anak yang telanjur mengonsumsi narkoba. Biasanya, para pengedar narkoba di kalangan anak itu merupakan bentuk implementasi dari konsumsi narkoba akibat ketagihan. Dengan cara demikian, maka anak-anak yang telanjur mengonsumsi narkoba bisa hidup lebih sehat lagi.

  1. Demi Pemulihan Jangka Panjang

Proses rehabilitasi pada anak pecandu narkoba dilakukan selama 6 hingga 12 bulan. Mengingat dalam berita nasional disebutkan, bahwa anak-anak yang kecanduan narkoba lebih berbahaya ketimbang yang sudah dewasa. Bahkan anak yang kecanduan narkoba di bawah usia 21 tahun, kalau dibiarkan maka tidak akan mudah disembuhkan.

Program rehabilitasi yang dicanangkan melewati 2 tahap penting. Pertama, bernama re-entry. Kedua, bernama aftercare. Kedua program ini dilakukan untuk memulihkan anak pecandu narkoba yang sudah terlalu lama mengonsumsinya. Sedangkan yang masih baru-baru, prosesnya berjalan selama 6 bulan hingga 12 bulan.

  1. Agar Anak Pecandu Narkoba Lebih Sadar Lagi

Untuk membuat anak-anak kembali ke jalan yang benar, maka diperlukan pula terapan prinsip abstinentia. Istilah tersebut sering disama-ratakan dengan istilah putus obat secara total. Mengingat narkoba biasanya dikonsumsi dalam bentuk obat-obatan. Prinsip ini diakui oleh berbagai negara sebagai upaya yang paling manjur dalam mengobati pecandu narkoba.

Baca berita nasional ini sangat penting untuk mencegah masyarakat luas dari bentuk praktik konsumsi narkoba apa pun. Untuk menjalankan prinsip tersebut, terdapat 3 aturan utama. Pertama, tidak boleh memakai narkoba. Kedua, dilarang berhubungan seksual. Ketiga, dilarang berbuat kekerasan. Ketiga aturan tersebut sangat cocok untuk anak-anak tersebut.

  1. Demi Kehidupan yang Lebih Positif

Menapaki jalan hidup positif itu tidak mudah memang. Tapi tidak mustahil juga. Khususnya untuk anak-anak yang seharusnya mendapatkan jiwa anak-anaknya. Bukan justru meringkuk dalam tahanan gara-gara kecanduan narkoba. Dalam rehabilitasi anak pecandu narkoba, lingkungan yang diciptakan pun selalu positif. Biar pikiran mereka juga terbawa positif.

Dalam berita nasional ini, tentu sebagai orang yang lebih tua, sudah sepatutnya kita mengawasi dan membimbing anak dengan baik. Bukan justru menelantarkannya demi alasan sibuk atau apa. Soalnya oknum yang tidak bertanggung jawab itu menarget anak-anak untuk melancarkan racun-racun narkoba dalam kehidupan berbangsa dan bernega

Like and Share ya 🙂

shares