Saturday, November 25, 2017
Home > Parenting > Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan – Wanita yang mengandung, umumnya akan mengalami proses mengandung dalam waktu selama kurang lebih 9 bulan lamanya. Tentu saja hal ini merupakan salah satu proses yang lama dan anda sebagai ibu hamil tentu mendambakan proses kelahiran pun terjadi dengan selamat dan bayi dalam kondisi yang sehat. Perkembangan janin dari masa ke masa pun sangat perlu dan penting untuk selalu dipantau pergerakan dan perkembangannya, agar anda bisa mengetahui kapan sedianya bayi anda akan lahir.

Termasuk untuk anda yang sudah berhasil memasuki tahapan fase kehamilan akhir atau 9 bulan kehamilan. Ternyata perkembangan fisik buah hati anda sudah bisa diketahui secara sempurna dan tentu saja sangat berbeda dengan perkembangan janin ketika sebelum masuk masa trimester akhir. Jika anda penasaran apa saja perkembangan janin ketika dalam usia kandungan 9 bulan, berikut ini adalah beberapa pemaparan menariknya yang perlu untuk anda ketahui.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

  1. Kepala bayi berada di panggul

Jika hal ini merupakan salah satu kehamilan pertama anda, maka biasanya posisi kepala bayi akan berada di bagian panggul. Hal ini menjadi salah satu pertanda bahwa bayi memang sudah siap untuk lahir, dan sudah berhasil mencari jalan lahirnya sendiri.

  1. Kepala bayi penuh rambut

Jika sudah dalam tahapan akhir kehamilan seperti ini, biasanya bayi memang sedang dalam tahapan kepala yang sudah dipenuhi oleh rambut yang panjang kurang lebih kisaan 3,5 cm. Namun ada pula beberapa bayi yang tidak tumbuh rambutnya. Namun bentuk kepala bayi sudah sempurna.

  1. Lanugo hilang

Selanjutnya untuk hal selanjutnya adalah bagian lanugo pada bayi telah hilang. Lanugo ini sendiri merupakan salah satu rambut halus yang menyelubangi bayi. Biasanya lanugo ini sudah hilang ditelan, atau disimpan bayi pada bagian ususnya. Hal ini akan dikeluarkan nantinya pada kotoran pertamanya, yang juga disebut sebagai mekonium.

  1. Berat badan bayi bertambah

Seiring masa kehamilan yang sudah memasuki tahapan akhir, biasanya bayi akan mengalami pertambahan berat badan, dan juga seluruh organ yang ada dimilikinya ini memiliki bentuk yang sempurna, dan berada di tempat yang seharusnya. Dan paru – paru ini sendiri merupakan salah satu organ tubuh pada janin yang paling lambat matangnya.

  1. Lapisan Vernix Caseosa meluruh

Hal selanjutnya yang juga bisa menjadi salah satu tanda perkembangan fisik janin ketika memasuki usia 9 bulan adalah adanya lapisan yang melindungi kulit bayi meluruh sehingga akan membuat adanya sebuah cairan air ketuban yang tadinya berwarna bening menjadi berwarna keruh. Hal ini menandakan bayi sudah siap untuk segera lahir.

Demikian beberapa hal yang bisa anda ketahui untuk memantau perkembangan janin ketika memasuki fase usia 9 bulan. Semoga bermanfaat untuk anda.

Like and Share ya 🙂

shares